Rapunzel



Dunia anak-anak sangat dekat dengan  dongeng. Masih ingtakah kalian di saat kanak-kanak tentang cerita putri tidur, rapunzel dan si kerudung merah? Itulah beberapa dongeng yang melekat di hati anak-anak hingga orang dewasa. Tapi tahukah kalian siapa pembuat dongeng-dongeng tersebut? Jawabannya adalah Jacob Grim dan Willhem Grim atau yang biasa disebut Grimm bersaudara, beliau tekenal karena mempublikasikan kumpulan cerita rakyat dan dongeng. 

Jacob grim lahir pada 4 January 1785 dan Willhem Grimm lahir pada 24 Februari 1786, keduanya lahir di hanau, salah satu kota di jerman Keduanya mengambil kuliah hukum di University of Marburg. Pada tahun 1808, Jacob diberi gelar 'Court Librarian to the King of Westphalia' dan tahun 1816 bekerja di perpustakaan di Kassel (salah satu kota di Jerman), dimana Wilhelm juga bekerja. Mereka tetap tinggal di sana hingga 1830, sampai mereka mendapatkan posisi yang lebih baik di 'University of Göttingen'. Dan karya pertama dari mereka berdua mempublikasikan cerita dongeng, Tales of Children and the Home (Cerita tentang anak dan rumah), pada tahun 1812. Eksistensinya sebagai penghasil dongeng sudah tidak diragukan lagi. Waw menarik bukan? Cerita –cerita yang berasal dari Grimm bersaudara. 

Apakah kalian juga berminat menelusuri latar tempat dongeng dari Grimm bersaudara? Tentu ingin, ya kita bisa menelusurinya mulai dari Hanau di bagian tengah sampai kota Bremen di bagian utara yang membentang sepanjang 600 KM. rute- rute ini menghubungkan kota-kota mungil serta pemandangan alam yang menjadi latar belakang dongeng-dongeng yang berasal dari jerman. Kita bisa memulai perjalan dari Museum Of The Brothers Grimm yang dulu pernah menjadi tempat tinggal Grimm bersaudara yang terletak di kota Steinau, kota tua ini sendiri sangatlah indah dengan banyaknya kastil. Dilanjutkan ke daerah lain yakni Schalm,

Wilayah Schwalm yang berada di sepanjang Sungai Schwalm adalah latar dongeng Si Kerudung Merah. Anda bisa masuk ke dalam hutan, menyambangi Museum Ziegenhain di mana terdapat kostum si kerudung merah beserta neneknya. Tapi tidak usah kuatir , tak ada serigala seperti yang diceritakan dalam dongengnya! Kastil Trendelburg dimana tempat Rapunzel menggerai rambut pirangnya yang panjang, sehingga Pangeran bisa memanjat dan menyelamatkannya.

Neuschwanstein Castle adalah sebuah istana yang dibangun sekitar abad ke-19 oleh raja Ludwid II. Kastil ini terletak di perbukitan dekat Fussen di Bavaria, Jerman. Awal mulanya kastil ini di bangun oleh raja Ludwig sebagai tempat menyepi dan menyembunyikan diri dari kehidupan sosial. Raja Ludwig sendiri terkenal sebagai seorang raja yang pemalu.

Tujuh minggu setelah kematian Raja Ludwig II pada tahun 1886, Neuschwanstein dibuka untuk umum. Neuschwanstein hari ini adalah salah satu istana paling populer dari semua istana dan kastil di Eropa. Setiap tahun 1,3 juta orang mengunjungi "Istana raja dongeng" ini. Bahkan pada musim panas kunjungan para wisatawan bisa mencapai 6000 perharinya.
Karena kepopuleranya Neuschwanstein Castle telah beberapa kali muncul dalam produksi film. Bahkan konon kabarnya Kastil ini menjadi inspirasi untuk kastil putri tidur di Disneyland. Menyenangkan bukan, sekarang dongeng-dongeng tersebut terasa nyata, karena latar belakang tempat dongeng bisa kita kunjungi, mengasyikan, ya!!!!!!!


9 komentar:

  1. wei ko ane asing ya. soalnya ane dulu jarang si di ceritain dongeng, dongent itu ane lihat sendiri solanya di tv. hehehe

    BalasHapus
  2. Asyik nih film rapunzel, saya sudah nonton rapunzel I & II nya. Alur ceritanya kreatif! :)

    BalasHapus
  3. keren juga gan.. mampir balik ya..

    BalasHapus
  4. hehe kembali lagi nih gan.. jangan lupa mampir balik.. ditunggu lho..

    BalasHapus
  5. wiihh abis ganti template bang andre nih wkwkw jadi OOT eh btw suka nonton kartun cew juga ya?

    BalasHapus
  6. salam perdsahabatan dan semoga sokses selalu kang.....
    janganlupa ya kang kunjungan balik danjangan lupa kang kunjungi blog aku di http://handiljawa.blogspot.com dan jangan lupa komentarnya sebagai tanda menghargai artukel aku dan bila sahabat berkenan harap follow blogaku biarnambah akrab kita.....

    BalasHapus
  7. wih mantep templatenya sobat...
    artikelnya menarik banget

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik sesuai dengan isi artikel :)